Berita

Arinal Siapkan Program Ketahanan Berkelanjutan

KatoKito.com – Bakal calon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi punya solusi alternatif untuk memperkuat ketahanan pangan di Sang Bumi Ruwa Jurai. Ia menyiapkan aplikasi pemberdayaan warga dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman pangan, baik sayuran, umbi, ataupun buah-buahan.

Ia juga mengatakan ketahanan pangan berhubungan dengan kecukupan produksi yang berkelanjutan, distribusi pangan sebagai pemerataan daerah, keamanan pangan atau food security berkualitas yang mengedepankan kesehatan dan harga/pasar yang menguntungkan seluruh pihak.

“Jadi pekarangan sebagai pemanfaatan kebutuhan pangan di tingkat keluarga. Jika mau mengembangkan pekarangan kreatifitas untuk kebutuhan rumah tangga yang beragam dengan asumsi mengurangi beban pembiayaan kediaman tangga tergolong disektor kesehatan,” tandasnya, Jumat (5/1/2018).

Kemudian ia mengatakan nantinya masyarakat akan diberikan sosialisasi, edukasi, dan pendampingan mengenai pemanfaatan pekarangan mereka oleh tim yang terdiri dari praktisi dan akademisi di bidang pertanian. Tim ini juga akan melihat potensi dari tiap daerah yang memungkinkan digalakkan program pemanfaatan pekarangannya.

“Memang masih perlu edukasi dan pendampingan. Contoh-contoh sukses yang ada juga perlu didukung dan ditularkan sehingga nanti kita bisa memulai ketahanan pangan dari pekarangan sendiri,” kata Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini.

Program pemanfaatan pekarangan ini nantinya tak hanya menyasar daerah-daerah yang masuk dalam kategori kerawanan pangan, tapi akan digencarkan ke seluruh Lampung. Terutama daerah-daerah kota yang sangat bergantung pasokannya pada daerah pinggiran.

“Istilahnya urban agrikultur kalau di kota. Nah kalau di pedesaan, masyarakat tak hanya garap lahan pertanian tapi lahan pekarangannya juga jadi lahan aktif, sehingga tingkat kerawanan pangan juga bisa menurun,” kata mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini.

Arinal yang merupakan insinyur di bidang pertanian, melihat potensi yang ada pada pekarangan rumah saat ini belum dimanfaatkan secara optimal untuk program ketahanan pangan. Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, hingga 2016 masih ada 101 desa Prioritas 1 dan 312 desa Prioritas 2 yang diindikasikan rentan kerawanan pangan. “Hal ini juga dipengaruhi infrastruktur pendukung seperti akses terhadap air bersih, sanitasi, dan listrik,” katanya.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top