Berita

BBM Satu Harga Berlaku di Pulau Enggano

KatoKito.com – Pemerintah Pusat prioritaskan Program BBM satu harga di Provinsi Bengkulu untuk memberikan rasa keadilan untuk masyarakat Indonesia yang berada di daerah terpencil, terluar dan terjauh. Program ini ditetapkan di Kabupaten Bengkulu Utara, tepatnya di Kecamatan Enggano (Pulau Enggano).

Penetapan Program BBM Satu Harga Pulau Enggano ini diresmikan secara langsung oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, di Ruang VIP Bandara Fatmawati Soekarno, Jum’at (8/12).

Penandatanganan prasasti tersebut, disaksikan langsung Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kepala BPH Migas Fansurullah, Kepala Pertamina Ellia Massa Manik, Bupati Bengkulu Utara Mi’an, dan Kadis ESDM Provinsi Bengkulu Ahyan Endu.

Dikatakan Menteri ESDM RI Ignasius Jonan, dari target Pemerintah Pusat atas Program BBM Satu Harga sampai 2019, yakni 154 titik, dan sampai saat ini sudah diresmikan di 37 titik, termasuk SPBU Kompak 26.38301 Desa Malakoni, Kecamatan Enggano.

“Sekarang sekitar 117 kecamatan lagi yang harus diselesaikan sampai tahun 2019 mendatang. Peresmian lembaga penyalur BBM Satu Hanga di Pulau Enggano ini, berbarengan dengan peresmian SPBU Kompak di 3 Daerah Terluar lainnya,” kata Menteri Ignasius Jonan.

Sementara dipilihnya Pulau Enggano sebagai salah satu Program BBM Satu Harga, lantaran harga BBM di wilayah itu relatif lebih tinggi ketimbang daerah perkotaan, sebab tidak adanya lembaga penyalur resmi. Di samping itu, Pulau Enggano adalah salah satu pulau terluar Indonesia.

“Enggano ini adalah salah satu pulau terluar. Jadi kita memilih daerah yang terluar dan ini merupakan komitmen Pemerintah dalam melaksanakan pemerataan pembangunan,” katanya.

Plt Gubernur Bengkulu menyambut baik terkait penetapan Program BBM Satu Harga di Pulau Enggano tersebut. Menurutnya, dengan adanya SPBU Kompak ini masyarakat Enggano akan lebih terjangkau memenuhi bahan bakar untuk kebutuhan sehari-hari.

“Pastinya ini disambut baik oleh masyarakat Pulau Enggano karena jelas membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar. Tentunya ini akan kita kawal secara bersama supaya sungguh-sungguh dinikmati oleh masyarakat kurang mampu,” jelas Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top