Wisata

Bengkulu Akan Gelar ‘Tour de Raflesia’ pada 2018

Provinsi Bengkulu berencana pada 2018 akan menggelar kegiatan 'Tour de Rafflesia, sebagai promosi ekowisata, khususnya habitat bunga langka Rafflesia arnoldii. "Kegiatan ini untuk mendukung tahun kunjungan wisata Bengkulu pada 2020 atau 'Visit Wonderful Bengkulu 2020'," kata Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu.

Keberadaan bunga langka yang dilindungi ini dapat menjadi daya tarik wisatawan ekowisata, khususnya wisatawan asing yang ingin menyaksikan keunikan flora itu."Beberapa kawasan hutan berpotensi untuk didatangi dalam tour ini diantaranya di Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Bengkulu Utara, termasuk Kaur," kata dia.

Ada dua bunga rafflesia yang mekar sempurna di lokasi yang dijaga secara sukarela oleh masyarakat Desa Taba Teret, Kecamatan Taba Penanjung itu. Belum lama ini Rohidin mengunjungi salah satu habitat Rafflesia arnoldii di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun, Kabupaten Bengkulu Utara. 


Menurut Rohidin, perlunya riset oleh para akademisi untuk mengetahui masa berbunga Rafflesia yang dapat diprediksi sehingga memudahkan agenda promosi. Riset tersebut akan dilakukan antara pemerintah daerah bersama dengan kalangan universitas yang ada di daerah ini.

"Rafflesia ini merupakan ikon Bengkulu yang sudah mendunia, jadi potensi ini sangat strategis untuk mengenalkan Bengkulu sebagai daerah tujuan wisata," ujarnya.

Peneliti flora rafflesia Agus Susatya dari Universitas Bengkulu, mengatakan ada empat jenis rafflesia yang telah teridentifikasi di hutan Bengkulu. Selain jenis Rafflesia arnoldii yang ditemukan dan diidentifikasi pada 1818 oleh Sir Thomas Stamford Raffles dan Dr Joseph Arnold, ada tiga jenis lainnya yang teridentifikasi yakni Rafflesia gadutensis, Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia hasselti. "Masih perlu riset mendalam tentang rafflesia, karena masih ada kemungkinan jenis baru yang belum teridentifikasi," ujarnya.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top