Berita

Bupati Sarolangun Siapkan Program Kawasan Terpadu Mandiri Untuk Suku Anak Dalam

KatoKito.com  – Pembangunan Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) untuk Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, saat ini menjadi perbincangan nasional.

Bahkan Presiden RI Joko Widodo juga akan kembali berkunjung ke Air Hitam dan sebelum kunjungan Presiden RI ini, terlebih dahulu Pangdam Sriwijaya II, Mayjen TNI AM Putranto, juga akan berkunjung ke Sarolangun untuk mengecek kesiapan pembangunan terpadu untuk warga SAD.

“Ya Bapak Pangdam akan ke Jambi, beliau dalam rangka peresmian battalion reader 142, lalu dilanjut rangkaian kegiatan yang rencananya bakal mengunjungi area terpadu di Suku Anak Dalam,” kata Dandim 0420 Letkol Kav. Rohyat Happy Ariyanto, dikonfirmasi selesai rapat bareng Forkopimda di aula Pemkab Sarolangun.

Menurut Rohyat, kunjungan Pangdam nantinya akan digunakan untuk menyampaikan kesiapan pembangunan kawasan terpadu di Suku Anak Dalam di Kecamatan Air Hitam.

“Ini akan kita bilang kepada beliau tentang kesiapannya. Saat ini sudah mulai dibuka akses jalan ke lokasi sepanjang 2.400 meter yang baru terlaksana hari ini sekitar lima ratus meter,” sebut Rohyat.

Dikatakannya lagi, Pangdam II Sriwijaya bakal datang ke Sarolangun direncanakan pada tanggal 2 Maret nanti. Jika tidak ada halangan, direncanakan tanggal 2, hasil rapat kita dengan pemerintah daerah tadi akan kita laporkan ke beliau,” katanya.

Perihal yang sama juga disampaikan oleh Bupati Sarolangun, Cek Endra. Dia menyebutkan, saat ini lokasi lahan sudah siap disediakan dan juga untuk akses jalan juga tengah dibangun.

“Tadi kita ada rapat, pak pangdam bakal ke Sarolangun untuk meninjau lokasi area terpadu,” ucap Cek Endra.

Menurut Cek Endra, Pemerintah Kabupaten Sarolangun sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan area terpadu tersebut seluas 10 hektare dan juga mempersiapkan jalan akses ke lokasi yang dimaksud.

“Kita sudah siap. Lokasi lahan telah kita bebaskan, dan jalan juga kita buat yang sampai sekarang tak ada kendala. Dan saat kedatangan Pangdam saya bakal paparkan rencana pembangunan dan pemberdayaan di kawasan terpadu untuk Suku Anak Dalam ini,” ucapnya.

Selain itu, Cek Endra juga menyebutkan soal pemberdayaan Suku Anak Dalam secara terpadu ini juga mendapat support dari balai taman nasional. Ternyata pihak balai juga sejalan dengan Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

“Mereka ternyata juga sungguh senang area terpadu ini menjadi pusat pemberdayaan Suku Anak Dalam dan mereka ternyata ada juga bantuan untuk Suku Anak Dalam dari kementerian balai nasional,” katanya.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top