Berita

Cagub Golkar Lampung Arinal: Isyaratkan Pilih Nunik

KatoKito.com – Bakal calon gubernur (balongub) Arinal Djunaidi menjelaskan dirinya segera mendeklarasikan partai politik (parpol) pengusung berikut bakal calon wakil gubernur (balonwagub) yang menjadi mendampinginya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 27 Juni 2018.

Sejauh ini, ketua DPD I Partai Golkar (PG) Lampung itu sudah menerima surat rekomendasi sebagai balongub dari DPP Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Gerindra. Jika meurujuk partai politik (parpol) koalisi, jatah balonwagub akan berasal dari PAN, PKB, atau Gerindra.

Sejumlah nama yang berpeluang menjadi pendamping Arinal di antaranya Zainudin Hasan dan Helmi Hasan yang berasal dari PAN, Chusnunia Chalim (PKB), serta Gunadi Ibrahim (Gerindra). Tetapi, Arinal dan parpol koalisi belum memutuskan.

’’Nanti saat deklarasi sekaligus membicarakan masalah wakil, bila sudah klir semua. Ini kan masih belum waktunya untuk disampaikan. Nanti saja, tidak lama lagi. Tunggu saja,” kata Arinal, usai menghadiri pelantikan kepengurusan DPW PAN Lampung di Swiss-Belhotel, Senin (6/11).

Sementara, dari nama-nama yang berkembang di parpol koalisi, nama Nunik -sapaan Chusnunia Chalim– menguat menjadi balonwagub pendamping Arinal. Terlebih, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ketua MPR RI telah menyebut bahwa bupati Lampung Timur ini sebagai kesayangannya.

’’Bupati Lampung Timur ini merupakan bupati kesayangan ketua MPR,” ucap Zulkifli saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan tersebut. Ketika melontarkan kalimat tersebut, Nunik sedang di jajaran kursi bupati/wali kota yang hadir dalam pelantikan itu.

Pernyataan Zulkifli ini merupakan sinyal bagi Nunik supaya berdampingan dengan Arinal. Sebab beberapa waktu lalu, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Daniel Johan mengatakan, andai Nunik menyatakan menjadi balonwagub, maka parpol koalisi segera memprosesnya. ’’Kalau Nunik, jika dia mau, ya langsung jadi (berpasangan dengan Arinal),” kata Daniel.

Sedangkan, Nunik belum menyatakan kesediaannya untuk mendampingi Arinal. Di arena pelantikan kemarin, dia bersedia diwawancarai terkait sikap PKB dalam Pemilu 2019. Namun ditanya soal pilgub, Nunik belum mau berkomentar dan memilih meninggalkan awak media seraya tersenyum.

Arinal pun mengisyaratkan keinginannya berdampingan dengan Nunik dibandingkan kandidat lainnya. ’’Semuanya rahmat Allah. Kamu (wartawan) sebagai perempuan, suka nggak andai wakil saya perempuan?” tanyanya.

Dia mengatakan akan memilih balonwagub yang mempunyai wibawa dan pengaruh sebagai tokoh, serta dapat mengumpulkan massa pemilih. Ketika diminta wartawan memilih Nunik, Zainudin, atau Helmi sebagai balonwagub, Arinal masih merahasiakan.

’’Nanti saja ya. Lebih baik kita konsentrasi bagaimana supaya fokus dengan PAN, PKB, dan yang lainnya sebab koalisi ini kan kompak untuk bekerja. Bukan kompak untuk bicara banyak,” katanya.

Terkait ini, Arinal segera berkonsolidasi dengan PAN setelah terbentuk kepengurusan. Dia  akan berkonsultasi dengan Zainudin terkait langkah-langkah dalam proses sosialisasi pemenangan. Hal ini pun sudah menjadi salah satu dari rekomendasi Rakerwil PAN Lampung I/2017.

Sekretaris DPW PAN Lampung Ahmad Iswan H. Caya mengatakan akan mulai memaksimalkan konsolidasi dengan Arinal. Perdana, Arinal dan Zulkifli bakal turun ke empat titik dalam rangka temu kader PAN di Pringsewu, Sabtu (11/11).

’’Sidang komisi dalam rakerwil tadi merekomendasikan bahwa PAN dan Pak Arinal akan turun bersama ke 15 kabupaten/kota. Kita upayakan sebelum Februari 2018 sudah selesai. Seminggu dua kali, hari Sabtu dan Minggu, mengingat padatnya kegiatan ketua umum,” kata Iswan kemarin.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top