Berita

Dodi Reza Alex, Komoditi Unggulan Lokal Perlu Riset Untuk Dikembangkan

KatoKito.com  – Selain sebagai lumbung pangan nasional, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (Oku Timur) juga terkenal dengan komoditi unggulan lokal seperti buah duku komering yang terkenal lezat dan manis.

Komoditi lokal ini dinilai Calon Gubernur Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin layak untuk dikembangkan.

Menurut Dodi, kuantitas dan kualitas duku khas komering ini wajib ditingkatkan. Komoditi ini adalah aset yang sungguh bisa untuk dikembangkan.

“Untuk ini kita bakal melakukan riset pengembangan teknogi dan meningkatkan kualitas SDM petani duku supaya menjadi petani yang lebih modern,” ujar Dodi saat bersilaturahim dengan petani duku di Oku Timur, Rabu (21/2/1018).

Dia melanjutkan, duku komering mempunyai cita rasa yang khas, daging yang lunak, manis dan hampir tanpa biji, membuat varian duku jenis ini diminati masyarakat. Bahkan tidak sedikit para pedagang nakal yang memalsukan duku asli Oku Timur ini.

“Bila dikelola dengan baik, produk duku komering ini sungguh mungkin go internasional,” ungkapnya.

Lulusan terbaik fakultas ekonomi Universitas Leuven Belgia ini menambahkan, selain komoditas perdagangan perkebunan duku komering ini bisa menyentuh sektor pariwisata yang juga punya daya jual tinggi.

Seperti kebun apel di malang, taman buah mekar sari di bogor atau taman buah angrek.

” Dengan teknologi modern dan kearifan lokal daerah, perkebunan duku bisa menjadi destinasi wisata dan budaya yang dapat diandalkan,” tandasnya.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top