Berita

Fasha dan Brigjen Rikwanto Hadiri Deklarasi Anti Hoax di Kota Jambi

KatoKito.com – “Biasanya hoax yang terjadi tersebut mendekati pilpres ataupun pemilihan yang lain. Dimanfaatkan pihak tertentu guna menjatuhkan orang,” kata Brigjen Pol Rikwanto, Kadiv Humas Polri.

Pemerintah Kota Jambi dan Polresta Jambi melangsungkan Deklarasi Bersama Anti Hoax Netizen Kota Jambi. Acara yang dihadiri ratusan orang itu dilangsungkan di Aula Rumah Dinas Wali Kota Jambi, Kamis (30/11) malam.

Rikwanto mengatakan hoax menjadi permasalahan dunia, bukan hanya di Indonesia. “Dengan kemajuan teknologi informasi, luar biasa fungsinya. Semua ada di teknologi, khususnya gadget,” katanya.

Dampak yang dihasilkan dari teknologi ada positif dan negatif. Dia mengatakan positifnya bisa menghubungkan yang jauh menjadi dekat. Namun, dampak negatifnya, yaitu pornografi, situs prostitusi, jual benda terlarang, selain itu jual provokasi.

Rikwanto berpesan, “Berhati hatilah di dunia media sosial. Waspada, apabila menggunakan medsos, gunakan untuk hal yang positif,”.

Sementara itu, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, mengatakan pemkot kerap mendapatkan hoax. Bahkan, menurutnya, setiap hari ada puluhan hoax yang diperoleh. Diaa memerintahkan setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memanfatkan grup whatsapp di lingkungan OPD masing -masing.

Saat ini, 70 persen dari aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Jambi menggunakan android. Sehingga ASN, saat terjadi hoax, secara bersama kompak bisa menangkalnya. “Sehingga hoax ini bisa ditangkal dan tidak tersebar ke masyarakat,” katanya.

Syarif Fasha mengatakan supaya ASN me-manage teknologi agar hoax tidak tersebar. “Selain itu Jambi akan beralih ke smart city bekerjasama dengan Kominfo. Kota Jambi, nantinya, akan ada free wifi di seluruh kota,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top