Berita

Gantikan Bamsoet, Kahar Muzakir Resmi Jabat Ketua Komisi III DPR

KatoKito.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo resmi melantik anggota Fraksi Golkar Kahar Muzakir sebagai Ketua Komisi III DPR, Rabu (24/1). Kahar menggantikan Bambang selaku Ketua Komisi III yang baru saja dilantik menjadi Ketua DPR menggantikan Setya Novanto.

Pelantikan di ruang rapat Komisi III terut dihadiri oleh tiga  Wakil Ketua Komisi III yaitu Benny K. Harman, Trimedya Pandjaitan, dan Mulfachri Harahap.

Beberapa anggota Komisi III dari beberapa fraksi juga terlihat datang dalam pelantikan.

Sebelum dilantik, Kahar mengaku punya visi dan misi yang sama dengan Bambang. Ia hanya akan meningkatkan sejumlah hal untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi Komisi III ke depan.

“Sebenarnya saya mendapat warisan. Jadi visi dan misi tidak jauh berbeda. Sebab kolektif kolegial kami bakal menampung semua aspirasi,” ujar Kahar.

Setelah menyampaikan sambutan, Bambang kemudian menyatakan Kahar resmi dilantik. Ia meyakini Kahar dapat memimpin Komisi III hingga selesai masa tugas anggota DPR yang tinggal 18 bulan lagi.

“Alhamdulillah alhasil kita di Komisi III telah mempunyai Ketua yang baru bernama Kahar Muzakir,” ujar Bambang seraya mengetuk palu sidang.

Terpilihnya Kahar tak mengubah komposisi wakil ketua Komisi III DPR yang terdiri dari Trimedya, Benny, Mulfachri, dan Desmond J Mahesa.

Khusus untuk Benny, Bambang menyebutkan masa tugasnya hanya 12 Februari 2018 sebab ia sudah resmi mencalonkan diri sebagai Cagub di Pilkada NTT tahun 2018. Benny dikabarkan akan diganti oleh anggota Fraksi Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin.

Terpisah, pengalaman Kahar di parlemen tak diragukan oleh ketua Komisi XI DPR RI Melchias Marcus Mekeng meminta semua pihak. Dia katakan, menjadi Ketua Komisi tidak mesti harus mempunyai gelar di dunia pendidikan.

“Di politik tidak dibatasi oleh sekat-sekat ilmu pendidikan atau keahlian, tapi lebih pada jam terbang, naluri politik, komunikasi dan jaringan (seorang politisi),” ujar Mekeng.

Sebagai kolega di Fraksi Golkar, Mekeng berharap Kahar Muzakir dapat mengoptimalkan jabatannya dalam menjalankan fungsi DPR dalam legislasi, anggaran, dan pengawasan.

“Semoga Pak Kahar bisa memelihara suasana kondusif di komisi dan juga dengan rekan kerja, sehingga bisa mencapai hasil yang optimal dalam menjalankan fungsi DPR,” ujarnya.

Kahar sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR yang saat ini ditempati Aziz Syamsuddin. Kahar juga pernah ditugaskan Fraksi di Komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top