Berita

Kader Di Daerah Juga Punya Jam Terbang Untuk Jadi Ketum Golkar

KatoKito.com – Keputusan untuk melaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) terus diwacanakan para petinggi partai untuk memilih ketua umum Partai Golkar.

Pengamat sosial dan politik dari Universitas Sriwujaya Bagindo Togar menilai sejauh ini elit politik di kalangan pusat saja yang didorong untuk menduduki kursi Ketum.

Menurut Bagindo Ketua DPW maupun Ketua DPD juga memiliki rekam jejak yang memumpuni.

“Harus kita perhatikan, setidaknya dalam 30 tahun terakhir bila terjadi pergantian pengurus, baik melalui Munas atau Munaslub, yang masuk Nominasi serta terpilih bersumber dari barisan elite DPP Partai Golkar, kalangan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) atau Dewan Pimpinan Daerah (DPD), seperti hanya sebuah pelengkap,” ujarnya, Minggu (3/12).

Lebih lanjut Bagindo menilai, Munaslub harus membawa perubahan yang signifikan bagi internal partai, termasuk mengakomodir setiap kader Golkar yang memiliki jam terbang untuk menjadi Ketum. Salah satunya Ketua DPW Sumsel Alex Noerdin.

Menurutnya sah-sah saja bila Alex Noerdin didukung untuk menaikan pangung politiknya menjadi Ketum Partai Golkar.

“Sederhananya, beliau sudah lebih paham dalam berhitung tentang peluang, manfaat, tantangan dan jurus jurus jitu yang akan ditampilkan ketika dihadapkan kepada realitas dan dinamika dalam Partai Golkar kedepan,” ujarnya.

Meski memiliki kemampuan memimpin, Bagindo menyarankan agar Alex harus melakukan kalkulasi politik kelembagaan secara holistik.

Sebeb, tidak mudah mempertahankan reputasi, prestasi dan kredibilitas Partai Golkar. Telebih kepercayaan masyarakat terhadap Golkar mulai menurun.

“Jika memang maju sebagai salah satu calon Ketua Umum, tentu sudah mempertimbangkan untuk melakukan lobi politik secara khusus di kalangan Elite Partai juga Pemerintahan di tingkat pusat, apakah strategi, konsep maupun existensi Beliau mendapat ruang Serta kans yang sesuai dengan Tradisi Politik Elite negeri ini,” terangnya.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top