Loading...
Daerah

Laluk: Program JKN-KIS Selama Lima Tahun Ini Memberikan Kepastian Pelayanan Kesehatan Saya



Laluk : Program JKN-KIS Membersamai Saya Selama Lima Tahun, Memberikan Kepastian Pelayanan Kesehatan Saya

JAMBI– Jamkesnews, Sejak hadir di tahun 2014 Program Jaminan Kesehatan NasionalKartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan manfaatnya, dimana pemerintah berkomitmen memberikan perlindungan sosial di bidang kesehatan pada masyarakatnya dan menjamin pelayanannya tanpa diskriminasi.

Manfaat dari program ini sendiri dirasakan sangat berarti oleh Laluk Fauzi (57) yang berprofesi sebagai petani di Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Laluk memanfaatkan kepesertaan JKN-KIS nya sejak pertama kali program ini hadir di tahun 2014.

Pada saat ditemui oleh team jamkesnews, Laluk sedang menjalankan proses hemodialisa di Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi, beliau tidak sungkan untuk menceritakan perjalanan sakitnya yang selalu didukung oleh Program JKN-KIS.

“Kalau ndak ada BPJS Kesehatan saya ngga tau lagi mungkin saya sudah meninggal sejak lama dikarenakan tidak memiliki biaya pengobatan” ujar Laluk.

Awalnya anak Laluk mendaftarkannya sebagai peserta JKN-KIS mengingat profesi Laluk yang bekerja sebagai petani memiliki resiko sakit yang lumayan besar, dan usia Laluk yang sudah tidak muda lagi, ternyata kekhawatiran anaknya tersebut menjadi kenyataan, pada Juni 2014 Laluk terpaksa dilarikan ke RSUD Daud Arif di Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat karena merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian perutnya.

Sesampainya di Rumah Sakit, dokter menyatakan bahwa terdapat penurunan fungsi ginjal Laluk yang mengakibatkan Laluk harus menjalani proses hemodialisa. Sebelum diputuskan untuk menjalani hemodialisa Laluk telah menjalani serangkaian pemeriksaan dan bahkan melalui proses perawatan yang memakan waktu selama 2 tahun, Laluk dan keluarga diharuskan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan di Kota Jambi dikarenakan keterbatasan kelengkapan fasilitas yang berada di Rumah Sakit Daerah tempat Laluk tinggal, Laluk dirujuk ke Rumah Sakit yang berada di Kota Jambi.

Dalam kurun waktu 2 tahun tersebut merupakan hari hari yang terberat yang dirasakan oleh Laluk dan keluarga, bahkan untuk mendapatkan perawatan secara intensif keluarga Laluk memutuskan untuk menyewa rumah sementara untuk mereka tinggali, beruntung bagi keluarga Laluk bahwa seluruh pengobatannya dibiayai oleh Program JKN-KIS tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

“Saya sedih melihat istri dan anak anak saya harus habis-habisan seperti ini, biaya transportasi kami dari Kuala Tungkal ke Jambi itu mahal, bahkan sampai menyewa sebuah rumah, tidak terbayangkan oleh saya apabila tidak ada BPJS Kesehatan, berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh keluarga saya untuk membuat saya tetap hidup” cerita Laluk penuh haru

Laluk yang menjalani proses hemodialisa ditemani sang istri tersebut juga menceritakan bahwa walaupun kondisinya tidak separah kondisinya di dua tahun awal, ia harus tetap melakukan proses hemodialisa rutin dua kali dalam satu minggu, “Tidak terbayang oleh saya berapa yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan untuk pengobatan saya sendiri, waktu itu pernah saya hemodialisa pakai biaya sendiri karena waktu itu ada kendala dengan kepesertaan JKN-KIS saya, kami mengeluarkan biaya sendiri kurang lebih 800 ribu rupiah untuk satu kali proses, kalau pembiayaan tersebut di akumulasi dan saya tidak memiliki jaminan kesehatan mungkin saya sudah lama almarhum, karena Program JKN-KIS BPJS Kesehatan saya bisa bertahan sampai dengan saat ini, Program JKN-KIS membersamai saya selama lima tahun, memberikan kepastian pelayanan kesehatan saya secara adil tanpa diskriminasi” ujar Laluk.

“Mungkin bukan hanya saya yang bersyukur merasakan manfaat dari Program ini, namun teman teman yang memiliki nasib sama dengan saya yang berada diruangan ini semua bersyukur masih bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang bisa memperpanjang usia kami,” tutup Laluk sambil melihat teman teman seperjuangannya di ruangan hemodialisa Rumah Sakit Bratanata Jambi. (*)





Sumber

Loading...

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2019 katokito.

To Top