Berita

Pemuda Minta Dilibatkan Dalam Pembangunan Jika Arinal-Nunik Terpilih Pimpin Lampung

KatoKito.com  – Pasangan calon Gubernur Lampung nomor urut tiga Arinal Djunaidi dan Chusnunia mengajak para pemuda Lampung agar terus memperjuangkan kemajuan dan kesejahteraan rakyat Lampung melalui pendidikan dan kreativitas.

Peran pendidikan sebagai salah satu faktor utama dalam memajukan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat menjadi poin penting dalam kehidupan.

Kemajuan dan kesejahteraan hidup masyarakat merupakan tanggung jawab pemuda sebagai agen perubahan (agent of change), agen pembangunan (agent of development) dan agen modernisasi (agent of modernization).

Cagub nomor tiga yang akrab disapa Arinal ini berkomitmen untuk memberikan beasiswa kepada pemuda-pemudi Lampung yang diterima di jurusan pertanian di seluruh Universitas yang ada di Indonesia.

Hal itu bukan hanya bertujuan untuk mencerdaskan para pemuda Lampung, tetapi untuk tujuan yang berkepanjangan dan berdampak pada kemajuan pembangunan pertanian Lampung di masa yang akan datang.

“Urusan pendidikan harus kita tingkatkan kualitasnya, agar generasi muda Lampung jadi cerdas, bisa membangun Lampung. Sementara untuk anak petani yang akan meneruskan keperguruan tinggi, masuk ke jurusan pertanian akan diberikan beasiswa. Saya berharap anak petani yang lulus dari jurusan pertanian nantinya bisa melanjutkan usaha pertanian orangtuanya, agar lebih baik lagi,” jelasnya.

Syadiah salah satu pelajar, Warga Gunungtimbul, Tulangbawang Barat berharap jika pasangan calon gubernur Arinal-Nunik menang di pilgub 2018 ini, akan memberikan kuliah gratis untuk pemuda Lampung.

“Harapan saya jika Pak Arinal dan Ibu Nunik menang,ada kuliah gratis. Harga karet juga dinaikkan, karena saya anak petani,” ujar Syadiah saat menghadiri kampanye Arinal-Nunik di Tulangbawang Barat.

Presiden BEM Universitas Lampung Fauzul Adhim mengatakan BEM Unila menginginkan gubernur dan wakil gubernur yang terpilih adalah pemimpin yang mampu melihat persoalan-persoalan di Lampung melalui sudut pandang kemanusiaan.

“Jangan menjadikan rakyat sekedar objek politik tapi rakyat harus dijadikan subjek pembangunan dan objek kemakmuran dan kesejahteraan,” ucapnya.

Masih kata dia, pemuda wajib untuk dilibatkan dalam pembangunan Lampung. “Iya, pemuda itu wajib dilibatkan, era milineal ini pemuda gak boleh diremehkan, di dalam dunia pemuda sekarang banyak solusi konkret yang bisa diberdayakan,” terangnya.

Dia pun belum menentukan pilihannya untuk pemimpin Lampung kedepan. “Kami akan melihat pada bedah visi misi menyongsong pemimpin tahun 2018 di tanggal 31 Maret 2018, dan kita akan lihat dan saksikan, paslon mana yang berani untuk memaparkan janji dan merealisasikannya bersama pemuda Lampung,” ujarnya.

Presiden BEM Poltekkes Tanjungkarang, Adi Setyo Prabowo berharap kepada calon gubernur yang terpilih nanti adalah benar-benar memiliki visi yang jelas dan program-program terobosan dengan tujuan yang pasti satu yaitu memajukan Provinsi Lampung.

“Selain itu saya sangat berharap kepada calon orang nomor satu di Lampung nanti agar dapat mementingkan kepentingan rakyat, mendengar setiap aspirasi-aspirasi yang disampaikan oleh rakyat, membangun daerah-daerah yang masih tertinggal agar tidak terjadi kesenjangan sosial antar masyarakatnya, meningkatkan pemerataan pembangunan seperti jalan dan infrastruktur lainnya. Selain itu saya juga berharap agar gubernur yang terpilih nanti merupakan sosok pemimpin yang dapat memberi tauladan bagi rakyatnya, serta bertanggungjawab atas amanah yang diembannya,” ucapnya.

Adi juga meminta agar pemuda dilibatkan dalam proses pembangunan daerahnya. “Harapannya pemuda yang di Lampung ini dapat ikut serta membangun Lampung serta membantu mewujudkan visi dan misi gubernur terpilih. Pemuda juga harus bisa menjadi social control bagi pemerintah nantinya dalam melaksanakan penerintahannya,” imbuhnya.

Tidak hanya ingin mencerdaskan pemuda-pemudi Lampung melalui peningkatan kualitas pendidikan, Arinal – Nunik juga berkomitmen dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan dan memajukan kreativitas masyarakat Lampung, untuk mengurangi pengangguran.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistika Lampung pada tahun 2017 ada 4,33 persen masyarakat sebagai pengangguran. Masih banyaknya pengangguran, dan sulitnya mendapatkan pekerjaan bagi pemuda juga menjadi masalah dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Hal itu juga yang mendorong Arinal untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan guna menumbuhkan lapangan pekerjaan sehingga berdampak pada pengurangan pengangguran. Mengusung visi Lampung berjaya paslon gubernur lampung yang akan dipilih pada pilgub 27 Juni 2018 itu berkomitmen untuk meningkatkan dan memajukan kesejahteraan masyarakat Lampung.

“Saya berkomitmen, jika saya dan Ibu Nunik terpilih sebagai Gubernur Lampung akan membantu masyarakat dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan sehingga menumbuhkan lapangan pekerjaan. Guna untuk membangun kesejahteraan rakyat,” ujar Arinal.

Arinal berkomitmen untuk memberikan pelatihan kepada ibu-ibu dan para pemuda putri/gadis dalam mengembangkan usaha kreatif sehingga masyarakat Lampung menjadi lebih kreatif dan mandiri secara ekonomi.

[harianmomentum.com]

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top