Berita

Politisi Golkar Minta Pemerintah Rumuskan Formulasi Keamanan di Papua

KatoKito.com – Anggota Komisi I Fraksi Partai Golkar  DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi mengapresiasi keberhasilan Polri dan TNI dalam pembebasan sandera di Desa Kimbeli dan Banti, Papua.

Dirinya berharap supaya seluruh pelaku penyandera ditangkap.

“Akan tetapi, para penyandera nya belum ditangkap, sehingga saya menyarankan dilakukan operasi bersama TNI dan Polri untuk melakukan pengejaran,” kata Bobby lewat pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Minggu (19/11/2017).

Selain itu politikus Partai Golkar ini juga meminta kepada pemerintah untuk segera merumuskan formulasi keamanan di Papua.

“Karena melihat peristiwa ini, definisi KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) perlu diperluas. Selain itu juga berpotensi bereskalasi menjadi kelompok militer separatis, Menkopolhukam perlu meredefinisi kelompok bersenjata itu, karena sepertinya sudah bukan kriminal murni,” kata Bobby.

Bobby melihat apa yang dilakukan KKB ini sangat terorganisir dan menimbulkan dampak teror yang luas dan terhubung dengan organisasi politik di luar negeri.

Menurutnya memang dilema untuk mengklasifikasi kejadian tersebut, apakah dikategorikan operasi militer selain perang (OMSP) karena khawatir dengan potensi pelanggaran HAM yang bisa dijadikan isu negatif di luar negeri.

“Akan tetapi, ini perlu segera diputuskan agar aksi kelompok bersenjata ini tidak meningkat menjadi aksi separatis militer,” kata Bobby.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top