Berita

RI Punya Potensi Energi Nuklir Cukup Besar di Bangka Belitung

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan para pegiat nuklir. Dalam pertemuan tersebut, pemerintah membahas wacana pemanfaatan tenaga nuklir untuk kelistrikan.

FGD dihadiri oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Institut Teknologi Bandung (ITB), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Kementerian Perindustrian.

Dari FGD ini, diperoleh data bahwa potensi energi nuklir dari thorium dan uranium di Bangka Belitung Luas pelamparan aluvial di seluruh Babel sekitar 400 ribu Hektar (Ha) sehingga potensi uranium 24 ribu ton, thorium 120 ribu ton, dan unsur tanah jarang 7 juta ton. Tapi semua itu masih potensi, masih perlu upaya pembuktian agar dapat dihitung sebagai cadangan terbukti.

Selain itu, mayoritas sumber daya nuklir yang ada di Babel adalah thorium. Saat ini belum ada satu pun negara di dunia yang berhasil mengembangkan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) dari thorium.

“Teknologi yang sudah proven adalah uranium, di Bangka mayoritas thorium,” kata Kepala Biro Komunikasi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana. Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar juga menyebutkan teknologi yang dimiliki Indonesia belum memadai untuk membangun PLTN. Batan pun menyatakan, untuk membuat teknologi yang memadai membutuhkan waktu hingga 10 tahun.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top