Berita

Saniatul Lativa : Banyak Kepentingan Bangsa Lain Dapat Melunturkan Pemahaman Kebangsaan

Sosialisasi 4 Pilar

KatoKito.com – Anggota MPR RI Saniatul Lativa sampaikan pentingnya empat pilar kebangsaan Indonesia adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhinneka Tunggal Ika, untuk dimengerti dan ditanamkan pada semua generasi bangsa Indonesia.

Pasalnya, ada kepentingan bangsa lain terhadap indonesia di era globalisasi ini yang bisa melunturkan pemahaman kebangsaan kita.

“Empat pilar kebangsaan penting dimengerti dan ditanamkan pada semua generasi bangsa Indonesia. Karena, adanya kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia di era globalisasi ini yang bisa melunturkan pemahaman kebangsaan kita,” kata Saniatul.

Berdasarkan penjelasan dari legislator dapil Jambi, tanpa nilai-nilai luhur, negara akan susah maju. Indonesia telah mempunyai nilai-nilai luhur yang terdapat dalam empat pilar bangsa.

“Pancasila sebagai dasar berperilaku dengan benar, baik, dan leluasa. Pancasila sudah berisi nilai ketuhanan, kemanusiaan, nilai persatuan untuk menjaga tanah air, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan,” katanya.

Saniatul yang saat ini juga sebagai anggota di komisi V DPR-RI menyampaikan, MPR RI sebagai lembaga legislatif negara terus berupaya menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semngat proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945.

“Untuk menghadapi masa mendatang bangsa yang lebih tegak dan kokoh dalam berbangsa dan bernegara menuju cita-cita proklamasi, generasi muda pasca reformasi untuk terus menerus diberikan pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan,” katanya.

Saniatul Lativa yang akrab disapa Sani menegaskan kebebasan berpendapat menandai lahirnya era reformasi, namun seringkali kemerdekaan tersebut dimaknai bebas tanpa batas. Kesalahan pemahaman tersebut mengakibatkan kendurnya nilai-nilai agama dan nilai-nilai keariban sosial.

“Hal tersebut sangat mengkhawatirkan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Sani jelaskan, tujuan sosialisasi ini untuk menggali nilai-nilai yang terdapat dalam empat pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara supaya dapat dipahami secara utuh, lengkap dan berkelanjutan.

“Kegiatan ini nantinya diharapkan dapat menjadi dasar dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan lebih maju dan bermartabat,” kata Sani.

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top