Berita

Ukuran Prestasi, Bukti Transparansi Keuangan

KatoKito.com  – H Dodi Reza Alex dilantik sebagai bupati Muba pada 23 Mei 2017 lalu. Putra sulung Gubernur Sumsel H Alex Noerdin itu, memang mengedepankan pengelolaan keuangan yang transparan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Muba.

“Penggunaan keuangan harus bisa dipertanggungjawabkan dengan baik,” kata H Dodi Reza Alex, bupati Muba nonaktif karena tengah cuti mengikuti Pilgub Sumsel ini. Karenanya, lanjut dia, dirinya selalu memotivasi staf bidang keuangan bekerja profesional. “Kita tidak bisa lagi bekerja secara santai. Tapi harus bekerja cepat dan melompat sekuat tenaga,” tandasnya. Hasilnya pun sangat memuaskan.

Diketahui, pecutan dari Bupati Muba nonaktif H Dodi Reza Alex membuat Pemkab Muba mampu menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017 tercepat se-Indonesia. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumsel memberi predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang kelima secara berturut-turut tahun ini.

Kepala Perwakilan BPK-RI Sumsel, Maman Abdul Rahman, mengatakan, cepatnya LKPD Pemkab Muba sepatutnya dicontoh daerah lain. “Bisa jadi contoh,” tandasnya.

Tak hanya LKPD tercepat se-Indonesia. Pengesahan APBD Kabupaten Muba 2018 juga tercepat se-Indonesia. Buktinya, Pemkab Muba telah membuat Perda APBD pada 29 November 2017 lalu. Karena kecepatan pengesahan APBD itu, pemerintah pusat memberikan Pemkab Muba berupa insentif Rp26 miliar lebih.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Muba Mirwan Susanto SE MM, mengatakan, pihaknya telah menerapkan Simda keuangan. Lalu online yang terintegrasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Dengan begitu, sekarang ini penggunaan anggaran bisa disusun per hari dan per bulan,” tegasnya. Dan di akhir tahun dilakukan kroscek dan koordinasi saja. [Sumber]

Berita Terpopuler

Katokito adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Copyright © 2018 katokito.

To Top